Halaman

Minggu, 18 September 2016

I'RAB AL-QUR'AN


Pada ksempatan ini saya ingin berbagi ilmu yang telah dan masih saya pelajari dan sampai sekarang, sebelumnya saya minta maaf apabila redaksi yang saya gunakan sekarang tidak sesuai dengan kaidah artikel.  Saya bawakan sesuai dengan yang ada dalam benak saya, tetapi yang pasti saya ingin berbagi ilmu.

Judul dari materi / ilmu yang ingin saya bagikan adalah I'rab Al-Qur'an (Pada judul tersebut di atas terdapat gabungan dua kalimat  (dalam bahasa Indonesia adalah kata ), yaitu :
1. I'rab
2. Al-Qur'an

Berikut adalah penjelasan dari masing-masing kalimat (kata) tersebut di atas, yaitu :

1. I'rab
Secara bahasan bermakna menjelaskan dan menerangkan. dan secara istilah I'rab adalah menerangkan kekhususan-kekhususan kalimat-kalimat bahasa Arab pada saat tersusunnya dengan perantaraan kaidah-kaidah ilmu nahwu.

2. Al-Qur'an
Para ulama telah menyebutkan definisi Al-Qur'an adalah Kalam (firman) Allah yang diturunkan kepada Muhammad saw, yang membacanya merupakan ibadah. (Mabahits fi Ulum Al-Qur'an:21).

Dengan penjelasan tersebut di atas dapatlah disimpulkan bahwa yang dimaksud dengan I'rab Al-Qur'an adalah menjelaskan kekhususan-kekhususan kalimat-kalimat yang terdapat dalam Al-Qur'an dengan perantaraan kaidah-kaidah ilmu nahwu.


Materi ini saya dapatkan dari Pelajaran I'rab Al-Qur'an di Al Hidayah Logam Bandung
Baca lanjutan materi Kalimat dan Macam Kalimat 











Tidak ada komentar:

Posting Komentar